Memperbaiki Lantai Kayu Parket Yang Rusak

Cara memperbaiki lantai kayu parket yang rusak


Lantai kayu parket adalah trends baru masa kini dengan membawa nuansa alam ke dalam rumah.(Baca: Trends lantai kayu 2017).
 Memiliki tampilan yang indah tapi membutuhkan perawatan ekstra dibanding lantai keramik atau sejenisnya.

Kerusakan yang terjadi pada lantai kayu parket lebih banyak disebabkan oleh rembesan air,goresan dari benda tajam,tanah yang labil sehingga terjadi pergeseran dan merubah susunan parket,terjadi penyusutan atau pemuaian pada kayu,atau ada kesalahan dalam pemasangan.

Meskipun sumber kerusakannya bermacam-macam tapi dalam memperbaiki lantai kayu yang rusak tidak perlu mengganti keseluruhan lantai,tapi cukup bagian yang rusaknya saja.

Cara memperbaiki lantai kayu yang rusak :


  1. Menggunakan lem dan paku. Yaitu dengan memberi lem perekat dan dipaku. Cara ini simple bisa dilakukan oleh yang bukan ahli.
  2. System lidah mulut. yaitu saling mengunci satu sama lain. Cara yang satu ini sering dilakukan pada lantai kayu dengan sumber kerusakannya disebabkan oleh penyusutan atau pemuaian.
  3. Cara mengganti lantai kayu parket yang rusak dengan system lidah mulut. Pertama lepaskan bagian yang rusak terlebih dahulu menggunakan mesin bor lalu di bor disekeliling lantai kayu yang rusak setelah itu diambil menggunakan palu dan catur. Harus hati-hati dalam melepas bagian kayu yang rusak jangan sampai lantai kayu sekitarnya yang masih bagus ikut terlepas.
  4. Selanjutnya,bersihkan lem adhesive yang masih tersisa dibagian bawahnya.Gunakan soket atau kape dari besi.
  5. Setelah lem adhesive benar-benar bersih. Langkah berikutnya adalah mencari lantai kayu yang baru,usahakan lantai kayu yang baru dari jenis kayu yang sama dengan sebelumnya. Tapi jika tidak ada minimal warna dan seratnya harus sama agar tidak terjadi perbedaan yang mencolok.
  6. Setelah mendapatkan parket yang baru jangan langsung dipasang,sebaiknya dibiarkan sekitar satu hari atau lebih. Untuk melihat apakah lantai kayu yang baru tersebut memuai atau menyusut,
  7. Sebelum lantai kayu yang baru dipasang. Olehkan lem dibagian dasar lantai secara merata,tunggu beberapa saat hingga lem tersebut agak mengering dan mengeras serta lengket.
  8. Setelah lem agak mengeras dan lengket,langkah selanjutnya adalah memasukan lantai kayu yang baru dengan terlebih dahulu dimasukan lidahnya dalam mulut pengunci yang ada disebelahnya. Jika permukaannya kurang pas bisa menggunakan palu dan di getok pelan-pelan agar rata.
  9. Langkah terakhir adalah proses finishing agar lantai kayu yang baru dengan yang lama terlihat harmonis tidak terlihat bekas mengganti parket yang rusak. Lantai kayu yang baru dihaluskan dan diamplas setelah itu dii finishing secara bersama-sama dengan lantai kayu yang lama.
 

Cari Produk Kami

SEKILAS INFO

Most Reading

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.