Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ㅤTeleponWhatsappㅤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505

Apa Saja Lantai Kayu Indoor? Ketahui Plus Minusnya Disini!

lantai kayu indoor

Lantai kayu Indoor, Memiliki Banyak  jenis yang bisa di pilih, Jenis-Jenis yang saat ini banyak di gunakan diantaranya; kayu parket, flooring, lantai vinyl, lantai kayu engineered, dan laminate kayu. 

Baca Juga:
Mengenal Istilah PARKET, FLOORING, LAMINATED pada Lantai Kayu

Tiap jenis memiliki kekurangan dan kelebihan, mari kita bahas masing masing jenis, spesifikasi, kekuatan, kekurangan dan kelebihannya.

Lantai Kayu Parket

Kayu Parket
Contoh Kayu Parket Jati Ukuran Lebar 5cm x 1,2cm x 20cm Dengan Pola pemasangan Mozaik 
Parket terdiri dari lempengan potongan kayu kecil kecil, rata rata untuk lebar 5cm, tebal 0,8 sampai 1,5cm, dan panjang mulai 17cm sampai 50cm. 

Ukuran tersebut merupakan ukuran standar yang di pake di seluruh dunia untuk jenis kayu parket.

Bahan yang di gunakan dari bahan kayu asli, untuk di Indonesia Sendiri, banyak menggunakan Bahan kayu merbau dan jati, sementara dari bahan kayu yang lainnya seperti pinus, mahony tidak cocok (tidak memenuhi syarat untuk dijadikan lantai kayu).

Sementara untuk produk luar ada yang dari bahan kayu Oak dan Maple.

Pada tahun 2010, sempat banyak produk lantai kayu import, dari kayu Oak dan Maple, Namun tidak bertahan lama, karena kualitas keawetannya. Juga tidak cocok penggunaannya untuk suhu atau cuaca di wilayah Indonesia.

Kekurangan Lantai Parket

  • Sistem pemasangan lama, karena ukurannya kecil.
  • pemasangan harus oleh tenaga ahli
  • Pemasangan memerlukan alat bantu dan mesin khusus.
  • Pilihan Corak dan Warna terbatas.

Kelebihan Menggunakan Parket

  • Baik Untuk Kesehatan, karena kayu asli mengeluarkan ion negatif yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh, Sirkulasi darah, dan menguatkan sistem kerja jantung.
  • Sifat Kayu adalah penyetabil ruangan, hangat dikala dingin dan dingin dikala panas.
  • tingkat keawetan yang baik, dengan menggunakan kayu parket, umur pakenya bisa seumur hidup,apabila kondisi permukaan kayu parket sudah kusam atau baret baret, bisa di lakukan finishing Ulang, agar tampilannya seperti baru kembali.
  • Serat Kayu merupakan hasil dari alam, sehingga memiliki tampilan yang benar benar natural.

Lantai Kayu Flooring

Parket Flooring
Contoh Parket Flooring Merbau Ukuran Lebar 9cm x 1,5cm x 30cm - 90cm, Pola pemasangan Susun Bata
Flooring memiliki ukuran yang lebih besar dari parket kayu, lebar flooring kayu standar internasional adalah lebar 7cm, 9cm dan 12cm, ketebalan mulai 1,2cm sampai 2cm. 

Terbuat dari bahan kayu asli. Bahan kayu yang di gunakan Sama dengan jenis kayu parket, yang membedakannya hanya dari segi ukuran. 

Rata rata harga parket flooring lebih mahal di banding kayu parket, salah satu alasan orang memilih parket flooring adalah kemewahannya, dan dengan ukuran yang lebar, serat kayu dapat lebih terekspos.

Dari kedua jenis tersebut, banyak juga orang menyebut; lantai kayu solid, lantai kayu asli, atau dalam bahasa Inggris di sebut hardwood floor.

Kekurangan Lantai Flooring Kayu

  • Harga Relatif lebih mahal
  • Landasan pemasangan harus lebih rata, karena dengan ukuran yang besar, ada gelombang sedikitpun akan sangat berpengaruh terhadap kerataan permukaan.
  • memerlukan tenaga ahli dan mesin Khusus untuk proses pemasangan.
  • Corak dan Warna sedikit.

Kelebihan Flooring Kayu

  • Dengan Ukuran yang besar, tampilan lebih mewah. Karena Urat Kayu lebih terexpose.
  • sama denga kayu Parket, baik untuk kesehatan, dan penyetabil ruangan.
  • Tingkat keawetan yang baik, setiap jenis jantai kayu yang terbuat dari kayu asli, Menggunakan Bahan kayu yang tahan terhadap serangan Hama perusak dan Rayap. sehingga umur pakenya bisa seumur hidup, dan bisa di lakukan Finishing Ulang untuk mendapatkan tampilan yang seperti baru kembali.

Vinyl Lantai Motif Kayu

parket Vinyl

Terbuat dari serat fiber yang lentur, rata rata memiliki ukuran ketebalan 1mm hingga 3mm, sementara untuk ukuran lebar dan panjang tidak ada ukuran standar Internasional. 

Tiap pabrik mengeluarkan produk dengan ukuran yang beragam. Berbeda dengan jenis kayu parket atau flooring, hampir semua produsen lantai kayu di dunia memproduksi dengan ukuran standar yang sudah ada. 

Ukuran yang banyak di jual di pasaran saat ini ada yang memiliki ukuran 40cm x 40cm, 8cm x 80cm, 9cm x 120cm, dan masih Banyak Lagi Ukuran lainnya.

Kekurangan Lantai Vinyl

  • Penggunaanya hanya bisa di gunakan untuk satu kali pakai, Apabila permukaan sudah Kusam atau banyak Goresan, tidak bisa di finish Ulang, atau di ganti sebagian. apabila di ganti sebagian, akan beresiko lepas bagian yang lainnya, dan warnanyapun akan terlihat belang.
  • Landasan Pemasangan Harus benar benar rata, karena sistem pemasangannya langsung di lem ke lantai, sehingga apabila ada permukaan yang bergelombang, ada bagian yang cepat aus, terkena Goresan, atau warnanya pudar. Bagian yang memiliki level lebih tinggi memiliki resiko kerusakan lebih besar.
  • Sama halnya dengan Granite, setiap tahun corak yang keluar dari Pabrik berbeda beda, apabila anda berencana menyambung ruangan Pemasangan pada ruangan, menggunakan bahan yang lebih dahulu di pasang, kemungkinan bahan yang sama sudah tidak tersedia lagi.
  • Urat Kayu yang di hasilkan merupakan urat kayu buatan, bukan hasil dari alam, sehingga tampilan terpasang dalam satu ruangan memiliki corak yang sama, 

Kelebihan Lantai Vinyl

  • Harganya relatif lebih murah.
  • Banyak Corak pilihan warna untuk di sesuaikan dengan Interior anda.
  • Pemasangan nya tidak memerlukan tenaga ahli, hanya di perlukan ketelitian dalam proses pemasangan.
  • Lebih tahan terhadap air,sehingga penggunaanya bisa di pasang pada area dapur. atau area yang rentan terkena cipratan air. Namun tidak di sarankan pemasangan pada area outdoor.

Laminate Kayu

parket Laminated

Terbuat dari Serbuk kayu yang dipadatkan, pada bagian top di lapisi fiber yang di laminasi serat atau motif kayu.

Lantai laminate kayu ini memiliki standar ukuran internasional yaitu tebal 0,8cm, lebar 12cm-20cm dan panjang 120cm. 

Dari semua jenis lantai kayu indoor, jenis ini paling simple. Sistem pemasangan hanya tinggal di gabungkan antara lempengan satu dengan yang lainnya menggunakan kuncian yang telah ada (Sistem penguncian T&G). 

Selain di gunakan untuk lantai kayu indoor seperti di rumah, banyak juga di gunakan untuk dekorasi panggung, karena bisa di bongkar dan pasang kembali.

Kekurangan Lantai Kayu Laminate 

  • Lebih Sensitif terhadap air, apabila terkena percikan air permukaan akan terlihat bergelembung.
  • Umur pakainya hanya sekali pake, apabila ada kerusakan pada beberapa bagian, Tidak bisa di servis, Harus di ganti.
  • serat kayu buatan pabrik, sehingga dalam satu ruangan pemasangan corak dan warna  sama.
  • Sama halnya dengan Granite dan vinyl , setiap tahun corak yang keluar dari Pabrik berbeda beda, apabila anda berencana menyambung ruangan Pemasangan pada ruangan, menggunakan bahan yang lebih dahulu di pasang, kemungkinan bahan yang sama sudah tidak tersedia lagi.

Kelebihan Lantai Kayu Laminate

  • Sistem pemasangan mudah, alat bantu cukup dengan gergaji dan pinsil dan penggaris.
  • Permukaan lebih empuk, karena sisitem pemasangan menggunakan Underlayer Polyfoam, Sehingga apabila terjatuh, tidak begitu sakit.
  • Merupakan stabilisator Ruangan, hangat di kala dingin dan dingin dikala hangat, namun tidak sebaik jenis yang terbuat dari kayu asli.

Lantai Kayu Engineered

lantai kayu engginerr

Lantai kayu engineered terbuat dari beberapa lapis yang berbeda, untuk bagian cover atau permukaan terbuat dari bahan kayu asli dengan ketebalan rata rata 3mm. 

Sementara untuk bagian lapisan bawah menggunakan kayu lapis, yang telah di desain jadi empuk supaya kunciannya bisa saling mengunci dengan rapat. Jenis ini tidak memiliki ukuran standar, ukuran yang banyak di temui di Indonesia adalah tebal 1,8cm lebar 12cm dan panjang 90cm.

Jenis kayu yang di gunakan banyak menggunakan kayu import, seperti kayu Oak, Maple, Beech, dan lainnya. 

Kekurangan Lantai Kayu Engineered

  • Harga Relatif lebih mahal dari semua jenis Lantai Kayu Indoor.
  • Umur pake nya tidak seawet dari lantai kayu yang terbuat dari Full Kayu asli. bisa dilakukan Finishing Ulang atau di sevis, tapi hanya bisa di lakukan dalam 2 kali finishing ulang, karena permukaan yang terbuat dari kayu asli berukuran tipis.
  • Motif dan warna untuk tiap produksi berbeda beda. Rata rata pabrik memproduksi Ukuran dan warna sesuai dengan pesanan, adapun Produk yang ada di pasaran, merupakan sisa produksi dari pesanan, sehingga apabila anda berencana memasang lantai kayu engineer, harus benar benar di hitung kebutuhan bahannya, apabila ada kekurangan,..susah untuk mendapatkan barang yang sama.

Kelebihan Lantai Kayu Engineered

  • Sistem Pemasangan simple dan mudah.
  • memiliki tampilan yang Premium, karena bahan yang di gunakan merupakan bahan kayu hasil sortiran.
  • Serat kayu asli hasil dari alam, sehingga tampilannya tidak membosankan.
lantai kayu

Itulah ringkasan mengenai Jenis Lantai Kayu Indoor, serta kekurangan dan kelebihannya. Penggunaan lantai kayu pada masa sekarang banyak sekali diminati, karena efek terhadap ruangan yang di timbulkan dengan menggunakan lantai kayu sangat berbeda dengan penggunaan lantai dari bahan keramik atau granite. Nuansa natural, hommy dan mewah akan anda dapatkan.
Untuk Kebutuhan lantai Kayu Indoor, Kami menyediakan Semua jenis yang di tulis di atas. anda bisa langsung menghubungi team marketing kami untuk mendapatkan Harga dan Informasi selengkapnya.

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.